EYN ( End Year Note) 1433 H



Entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk dan berapa banyak pahala yang aku dapat, aku tak mampu menghitungnya karena hanya Allah lah yang mampu mengukur apa-apa yang ada pada hamba-Nya, aku hanya hamba-Nya yang tak tahu apa-apa.  Setahun berlalu, tahun lalu 1433 H aku awali dengan pawai mengelilingi kampung halaman tercinta, berarak-arak membawa karton-karton besar bertuliskan Selamat Tahun Baru 1433 H sambil meneriakan lafadz Allah dan bersholawat, aku dan beberapa kawan di sekolah memutari pandeglang dimulai dari masjid agung Ar-rohman.


Kini, awal tahun nan indah, akhir tahun dilepas dengan datangnya hujan dan keteduhan, awal tahun disambut dengan cahaya matahari merekah.. pagi ini, mengawali tahun baru hijriyah 1434 H, aku menyusuri  pantai anyer bersama kawanku, irma. Awalnya kami berniat menaiki mercusuar yang bisa melihat hampir sebagian kawasan anyer, tapi ternyata mercusuar setinggi sekian ratus kaki itu tertutup rapat dengan gembok menggantung didepannya. Memang bukan keberuntungan kami pagi ini. Atau karena kami terlalu pagi mengunjungi tempat ini, sekitar jam 6an, yasudahlah..

Tahun lalu telah memberikan kesan indah dan cukup mengajariku banyak pelajaran, terutama bulan Ramadhan, sangat berkesan. Kilasan momen yang membuatku tersentak, momen yang membuatku jatuh kemudian bangkit, momen disaat aku berfikir keras memutar otak dalam setiap pelajaran di kelas, momen disaat bunga-bunga bermekaran di hatiku, dan momen ketika air mata membuat layu bunga-bunga tersebut. Momen yang menguras energy pikiran dan hati. Keadaan sudah berbeda, masa lalu yang tak mungkin diulang.. direvisi atau diperbaiki. Semua menjadi indah untuk dikenang meski terkadang menyakitkan. tidak, tidak untuk disesali, tapi satu hal, pelajaran untuk aku menjadi dewasa. Sesulit apapun di tahun yang telah berlalu ini harus diterima dengan lapang dada dan pemikiran segar untuk menjadikan kenangan masa lalu sebagai pengalaman berharga.

Dalam momen tahun baru ini aku mencoba membuat catatan kecil untuk memulai  sebuah perjalanan. Hanya untuk mengetahui  rangkuman dari catatan perjalanan nanti di akhir tahun. Bagaimana?
Apapun yang menjadi renungan ditahun lalu adalah i n t r o s p e k s i, dan renungan di tahun baru adalah h a r a p a n. dari mulai management waktu, pengeluaran, jadwal belajar, hiburan, pertemanan, keberuntungan, maupun jalan meraih obsesi dan mimpi. Karena seharusnya ganti tahun adalah ganti tema , ganti warna, menjadi lebih cerah. :) Siapkan hati yang baru, menyambut tahun baru 1434 H, harapan harus tetap ada, harapan dalam setiap mimpi yang aku tuliskan dalam secarik kertas. Semangat harus tetap dihidupkan, meski banyak hal yang ingin mematikan semangat itu menerjang. Semangat, yayu!

Selamat tahun baru 1434 H, kuucapkan untukmu dengan senyum terindah :)

 15 november 2012

Capaea nemoralis

Komentar

Postingan Populer